Save the date: Webinar Nyanyian Pulau Kelapa: Potret Reforma Agraria di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

23 September 2021

Kesadaran bahwa konflik agraria merupakan faktor penghambat dan tantangan kunci pembangunan sudah diakui oleh Pemerintah, dan bahkan sudah ditanggapi melalui beberapa regulasi dan kebijakan.  Kebijakan prioritas Reforma Agraria terus didorong di berbagai daerah melalui beberapa skema dan pendekatan, yang utamanya bertujuan membantu masyarakat adat dan masyarakat lokal, untuk meningkatkan produktivitas mereka dan menerima manfaat pembangunan yang dilaksanakan.  Meskipun demikian, tetap disadari bahwa komitmen dan upaya menangani konflik agraria harus menjadi satu kesatuan utuh dalam pelaksanaan Reforma Agraria. Peraturan Presiden (Perpres) No. 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, disebutkan, penanganan konflik adalah unsur kunci dalam kebijakan Reforma Agraria. Kebijakan Reforma Agraria tidak akan bisa tercapai tanpa penanganan konflik.

Sebagai negara kepulauan  luas wilayah perairan 5,8 juta km persegi, 17.508 pulau dan panjang garis pantai 81.000km, tantangan yang menyangkut konflik agraria dan kekayaan alam, dihadapi  baik di wilayah pedalaman pulau-pulau besar maupun di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil dan perairan. 

Bagaimana kondisi konflik di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia, dan bagaimana potret pelaksanaan kebijakan Reforma Agraria di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil sejauh ini? Apakah perangkat regulasi dan kebijakan yang sejauh ini sudah didorong untuk membantu masyarakat petani di berbagai daerah, memadai dalam membantu masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil? 

Simak diskusinya di webinar bertajuk Nyanyian Pulau Kelapa: Potret Reforma Agraria di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil pada

Hari/Tanggal: Sabtu, 25 September 2021. 

Waktu: 10.00 – 12.00 WIB

Silahkan mendaftar pada https:bit.ly/RegTMShareVol148 untuk mengkonfirmasi kehadiran.

ID Meeting: 891 8325 9659 (Zoom)

Webinar ini dapat diakses melalui Zoom dengan ID Meeting: 891 8325 9659 dan disiarkan melalui kanal YouTube Terasmitra

Acara ini diselenggarakan bersama oleh Conflict Resolution Unit (CRU) dan Perkumpulan Terasmitra.