Program & Layanan

Kepenasehatan dan Konsultansi

Kompleksitas konflik pengelolaan lahan dan kekayaan alam di Indonesia menuntut kehati-hatian, kedisiplinan dalam mengikuti metode penanganan konflik dan keluwesan untuk berpikir di luar kebiasaan. Hal ini dijalani untuk mengurangi potensi bias dalam pengambilan keputusan.

Sebagai upaya untuk mendukung penyelesaian konflik pengelolaan lahan dan kekayaan alam di Indonesia, Kami menyediakan layanan kepenasehatan (advisory) untuk menyusun rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan mitra. Untuk ini, kami akan menaruh perhatian pada proses asesmen yang dirancang unik sesuai dengan tujuan dan kebutuhan mitra.

​​Layanan ini terutama ditujukan bagi badan-badan usaha swasta dan milik negara di sektor lahan dan kekayaan alam, dengan cakupan:

  1. Uji-tuntas (due diligence) kepatuhan terhadap prinsip-prinsip UNGPs dalam sistem manajemen usaha perusahaan;
  2. Kajian efektivitas dan daya tanggap sistem pengaduan keluhan (grievance mechanism) terkait kebijakan keberlanjutan perusahaan (corporate sustainability policy);
  3. Pengembangan sistem pengaduan (grievance mechanisms) sebagai sistem tanggap terhadap konflik pada tahap dini.
  4. Kajian dan rekomendasi dugaan konflik lahan dan kekayaan alam.