Mengapa fokus pada konflik lahan, sumberdaya alam, dan lingkungan?

16 Juni 2019

Tidak dapat dipungkiri, pemanfaatan lahan dan sumberdaya alam di Indonesia merupakan modal utama bagi perekonomian Indonesia baik di tingkat daerah maupun nasional. Seperti telah diungkapkan sebelumnya, model pembangunan yang berorientasi kepada pertumbuhan ekonomi, memicu tingginya tingkat kebutuhan lahan dan bahan mentah dari sumberdaya alam, yang menciptakan situasi kompetitif, yang apabila tidak dikelola dengan baik, dapat dengan mudah bergeser menjadi situasi konflik.

Konflik sumber daya alam menimbulkan kerugian bagi semua pemangku kepentingan. Dari perspektif perusahaan, konflik menimbulkan kerugian finansial berupa kendala dalam kegiatan produksi atau kehilangan peluang usaha. Dari perspektif masyarakat, konflik menimbulkan penderitaan karena kehilangan kepastian akan masa depan. Dari perspektif pemerintah, konflik menjadi penyebab rendahnya daya saing negara bagi investasi dalam negeri dan asing.

Pengelolaan konflik penggunaan lahan dan sumberdaya alam dengan praktik terbaik akan meminimalisir benih-benih konflik lain, seperti konflik sosial. Lebih jauh lagi, lahan dan sumberdaya alam merupakan bagian dari ekosistem, sehingga masalah penggunaan lahan dan sumberdaya alam tidak dapat dipisahkan dari masalah lingkungan yang lebih luas.